Saturday, November 10, 2012

Samsung 3D TV VS LG 3D TV

Sebagai pemain di industri elektronik, brand Samsung sudah lama dikenal. Di usianya yang sudah lebih dari 42  tahun (berdiri tahun 1969) Samsung banyak menghasilkan piranti aneka produk elektronika, mulai dari monitor, printer, kamera, e-book, mobile phone  hingga TV.  Untuk produksi Tv 3D, Samsung memiliki  ”agenda” besar dalam memasyarakatkan produknya di Indonesia karena sudah menjadi informasi umum, teknologi tayang 3D (tiga dimensi) kini makin banyak digemari masyarakat. Kenikmatan menonton film di rumah setara dengan yang dilakukan di bioskop membuat kecendrungan orang membeli TV 3D untuk diboyong ke rumah dan dijadikan Home Theater untuk dinikmati bersama keluarga tercinta.  Samsung Corp,  juga tidak mau ketinggalan, oleh karena itu pada tahun  2010  mereka gencar mempromosikan   TV 3D di Indonesia.

Selain Samsung, ada LG  yang juga  produsen elektronik  asal  Korea Selatan. LG juga mengambil posisi untuk menjadikan   market-share di Indonesia makin besar. Oleh karena itu sejumlah varian Cinema 3D diluncurkan,  mulai dari  LW 5700,  LW6500, dan LV3730.
Salam strategi pemasarannya, LG  mengandal teknologi generasi kedua pada TV 3D-nya yakni teknologi  yang  bisa  menghilangkan kedipan pada gambar (flicker-free), memungkinkan kita menonton pada angle yang lebih besar, nyaman dan tanpa hambatan. Berbeda dengan Samsung yang mengandalkan teknologi generasi pertama.  Lalu yang menjadi pertanyaan,  bagaimanakah detilnya kedua jenis teknologi 3D itu, serta pengembangan teknologi TV itu untuk kenyamanan konsumen.
Untuk itu kita perlu mengetahun perbedaan yang signifikan dikedua merek TV ini.

Spesification
LG
 LW5700 LV3730 LW6500
3D TV CINEMA 3D - CINEMA 3D
SMART TV ya ya ya
Konversi 2D ke 3D ya - ya
REMOTE MAGIC MOTION REMOTE MAGIC MOTION REMOTE MAGIC MOTION REMOTE
Kacamata 3D ya - ya
Web Browser ya ya ya
TV App ya ya ya
Spesification
Samsung
D6000 D5500 D7000
3D TV - - 3D TV
SMART TV - - ya
Konversi 2D ke 3D - - ya
REMOTE Dual Side Qwerty Dual Side Qwerty Dual Side Qwerty
Kacamata 3D - - ya
Web Browser - - ya
TV App - - ya
Untuk lebih detilnya, penjelasan tetang  perbedaan antara 3D TV produk LG dan Samsung  bisa disimak dalam bentuk tabel dibawah ini:
PERBANDINGAN LG DAN SAMSUNG
eatures LG Samsung
2D ke 3D 20 Level kedalaman 10 Level kedalaman
REMOTE MAGIC MOTION REMOTE Dual Side Qwerty
Angle Hingga 180 derajat Kurang dari 180 derajat
Kacamata 3D Passive Glasses Active Glasses
Harga Kacamata 3D Rp.60.000-Rp.100.000 Rp.1.500.000
Data Sharing Smart Share Smart HUB
Flicker Flicker Free Minimize Flicker
Crosstalk No Crosstalk Crosstalk less
Panel IPS VA
Top Lokal Konten Ada Tidak ada
Teknologi FPR 3D SG 3D
Kesimpulan dari perbandingan ini terdiri dari beberapa point:

  1. LG 3D TV   mempunyai kemampuan konversi gambar dari 2D ke 3D hingga  20 level kedalaman, berbeda dengan Samsung yang hanya memiliki  10 Level kedalaman. LG satu langkah  lebih maju dibanding Samsung  untuk perkembangan 3D TV di indonesia.
  1. LG 3D TV  memiliki Remote Control  “ajaib” yang mereka branding dengan nama “MAGIC MOTION REMOTE”, dengan remote ini kita bisa  mengakses tayangan dengan mudah karena Remote Controlnya sengaja di Design sangat praktis untuk dipakai dan tidak menggunakan banyak tombol yang memusingkan tinggal Point, Click dan control lebih mudah. Sedangkan Samsung mengandalkan Remote Control Dual Side Qwerty sehingga dalam hal pemakaiannya juga terlalu banyak menu yang tersedia hal ini dirasakan kurang user friendly.
  1. Dengan 3D TV LG kita dapat mengatur posisi menonton sendiri. Posisi 1800 memungkinkan kita bebas bergerak tanpa harus merasakan gambar berbayang. Berbeda dengan 3D TV dari samsung  yang memiliki kurang dari 1800 posisi dalam meonton film 3D.
  1. Kacamata LG sudah mengandalkan passive glasses sedangkan kacamata samsung masih Active glasses. Kelebihan dari Passive Glasses diantaranya:
  • Baik untuk kesehatan karena sudah tidak menggunakan Baterai
  • Hasil gambar lebih terang dan lebih jelas
  • Lebih ringan, Karena tidak ada baterai dan hip
  • Lebih murah,Karena Kacamata 3D yang dimiliki oleh LG  hanya di bandrol dengan harga Rp.60.000-Rp.100.000,erbeda dengan kacamata 3D samsung yang memiliki harga sekitar Rp.1.400.000,-.
  1. Data Sharing 3D TV LG yaitu Smart Share sedangkan di 3D TV samsung  yaitu Smart HUB. Smart Share ini memungkinkan kita  mengakses dengan mudah data yang kita terima tanpa harus repot menggunakan kabel yang rumit.
Untuk urusan teknologi LG hadir dengan teknologi terbaru yang diberi nama  FPR 3D, dengan teknologi ini   mampu menangkap gambar 3D secara bersamaan  berbeda dengan 3D TV samsung yang masih menangkap gambar secara bergantian satu mati satu hidup, selain itu juga  tidak ada overlapping  pada saat menonton film 3D. Dengan  efek ini yang mengakibatkan mata kita mudah lelah,kepala pusing dan mual pada saat menonton film 3D.  Untuk LG senantiasa memberiakan 3D TV yang mampu menagkap gambar secara bersamaan, bebas Overlapping sehingga mata menjadi relaks, mampu memberikan kenyamanan tersendiri di bandingkan 3D TV samsung yang masih menggandalkan teknologi  SG 3D.
Semoga perbandingan dua model TV 3D diatas membuat kita makin paham dalam memilih teknologi TV 3D yang baik, baik bagi kesehatan, nyaman dan efisien. [TK]

0 komentar:

Post a Comment

Murottal Online

Listen to Quran

Daftar Isi