Friday, August 30, 2013

Keuntungan Menginstal Mesin Virtual dan Cara Menginstalnya

Pernah dengar tentang mesin virtual atau biasa disebut "virtual machine" ?  

Ya, mungkin buat beberapa kalangan yang suka dengan dunia komputerisasi kalimat tersebut bukan hal yang asing bagi mereka, karena kalimat tersebut merupakan sebuah aplikasi yang banyak digunakan oleh kalangan yang memang bergelut pada dunia komputerisasi, tapi bagi yang baru mendengar atau bahkan belum pernah mendengarnya pasti akan sulit memahami apa itu virtual machine. Disini saya akan kenalkan sedikit tentang apa itu mesin virtual dan langkah awal menggunakannya, dan kebetulan ini adalah salah satu pembahasan pada mata kuliah saya.

tapi sebelumnya, apa sih virtual machine itu ??

 
Mesin virtual atau dalam bahasa inggris disebut virtual machine, yang biasanya disingkat mejadi vm. Dalam ilmu komputer mesin virtual adalah sebuah implementasi perangkat lunak dari sebuah mesin komputer yang dapat menjalankan program sama seperti layaknya sebuah komputer asli. Jadi setelah kita menginstal salah satu aplikasi ini pada komputer kita dan menjalankannya, kita akan melihat seperti komputer yang berada di dalam sebuah komputer, dan lebih menariknya lagi adalah kita dapat menjalankan beberapa OS lain yang berbeda jenis dari OS yang ada pada komputer asli. Dari sini dapat digaris bawahi bahwa keuntungan menginstal aplikasi ini pada komputer kita yaitu kita dapat memakai beberapa OS sekaligus dengan jenis OS yang berbeda sekalipun pada satu komputer dan juga pada satu waktu tanpa harus mengganti OS yang sudah terpasang pada komputer sebelumnya.

 

Virtual machine sendiri memiliki beberapa jenis produk, seperti VMWare, VM VirtualBox, dan ada juga VM Hyper-V. VMWare dan VM VirtualBox sendiri memiliki beberapa seri terbitan, karena kemajuan jaman terus berjalan sehingga produknyapun terus diperbaharui sesuai kebutuhan konsumen, sehingga muncullah berbagai seri dari VM ini sendiri,  namun pada pembahasan kali ini saya akan sharing tentang penggunaan salah satu software virtualisasi yaitu Oracle VM VirtualBox. Menurut saya  Oracle VM VirtualBox memiliki kualitas yang lebih baik dengan spesifikasi host dan spesifikasi VM yang sama jika dibandingkan dengan Hyper-V, selain itu Oracle VM VirtualBox merupakan software gratis dan open source bila bandingkan dengan harga VMWare. Jika ragu kalian bisa bandingkan sendiri.
 

Seperti pada VMWare pada Oracle VM VirtualBox  kita juga dapat mencoba berbagai macam OS seperti Windows, Linux, MacOS, dll, sesuai yang kita inginkan tanpa harus mengganggu komputer kita sepenuhnya, Oracle VM VirtualBox juga tersedia untuk berbagai versi OS baik untuk versi 32 bit maupun 64 bit. dan untuk Software Oracle VM VirtualBox ini dapat kalian dapatkan di website resminya yaitu https://www.virtualbox.org/wiki/Downloads
 

Instalasi Oracle VM VirtualBox ini sangatlah mudah, disini saya menggunakan sofware Oracle VM VirtualBox dengan seri “4.2.6”, pertama kita hanya perlu meng-klik du kali file instalasinya, sehingga akan muncul sebuah jendela seperti pada gambar dibawah, stelah itu tekan Next.




Sehingga muncul jendela berikutnya yaitu seperti ini, disini akan diterangkan lokasi yang digunakan untuk menginstal aplikasi ini, setelah memastikan letak penginstalan kita dapat menekan Next.




Maka akan muncul jendela seperti ini, disini kita dapat menentukan letak shortcut aplikasi tersebut yang nantinya akan muncul setelah proses penginstalan selesai. Setelah itu tekan Next.



Berikutnya akan muncul jendela “warning” atau peringatan seperti ini, jendela ini memberitahukan bahwa jika instalasi ini dilakukan akan mengatur ulang koneksi jaringan kita dan untuk sementara memutuskan sambungan kita dari jaringan. Hal ini tidak akan menjadi masalah. Dal lanjutkan menginstal dengan tekan Yes. Kemudian klik instal.





Dan proses instal akan berlangsung, seperti yang terlihat pada gambar dibawah ini,



Yang perlu diperhatikan pada saat proses menginstal biasanya akan muncul jendela Windows Security seperti pada gambar dibawah beberapa kali,



Maka sebaiknya yang perlu dilakukan adalah tetap meng-klik instal, agar dikedepannya dapat memaksimalkan fungsi Virtualbox seutuhnya.



Setelah proses instal selesai, maka selanjutnya akan muncul jendela pemberitahuan bahwa Oracle VM VirtualBox 4.2.6 telah selesai dan berhasil di instal, maka yang terahir adalah meng-klik Finish.



proses penginstalan sekarang telah selesai dan aplikasi tersebut akan terbuka secara otomatis dengan tampilan seperti ini, yaitu tampilan awal aplikasi Oracle VM VirtualBox Manager yang nantinya digunakan untuk mebuat virtualisasi OS yang diperlukan.




Instalasi Virtualbox akan menambahkan virtual adapter network yang nantinya dapat berfungsi sebagai koneksi antara Host dengan Virtual Mesinnya.


Dan untuk mulai menggunakannya langkah pertama yang dilakukan adalah memasukan salah satu OS yang ingin kita pakai pada Virtual Machine ini. Caranya kita bisa klik New pada sisi kiri atas yang di jendela Oracle VM VirtualBox Manager sehingga akan muncul jendela Create Virtual Machine yang digunakan untuk memasukkan OS baru yang akan kita pakai, cukup dengan memilih type OSnya dan versi OSnya pada jendela pilihan yang telah tersedia.


Untuk langkah mengisikan OS selanjutnya, agar lebih mudah, kita hanya perlu mengikuti rekomendasi dari aplikasi, namun yang perlu diperhatikan adalah spesifikasi dari Host yang digunakan terutama Free Space Harddisk, kapasitas RAM yang terinstal dan jenis prosesor (32 bit atau 64 bit). Karena instalasi VM nantinya akan cukup memakan kapasitas harddisk dan ini tergantung jenis Osnya juga banyaknya VM yang terinstall serta jumlah snapshot yang dibuat, yang kedua adalah bahwa RAM yang digunakan untuk menjalankan VM bukan dari virtual RAM tapi langsung diambil dari RAM fisik yang terinstall pada Host berdasarkan besar alokasi RAM yang diberikan untuk VM dan agar performa VM yang dihasilkan sangat baik, sebaiknya gunakan prosesor yang sudah mendukung virtualisasi tekhnologi.

0 komentar:

Post a Comment

Murottal Online

Listen to Quran

Daftar Isi