Tuesday, June 5, 2012

Obat Manjur Bisul Tradisional, Antibiotik dan Salep Bisul

Obat Manjur Bisul Tradisional, Antibiotik dan Salep Bisul

Gara gara nggak bisa nahan godaan pengen makan Ayam goreng ala Kentucky, kena lagi deh yg namanya Bisul. Padahal sudah menjadi tradisi kalo aku itu alergi makan ayam negeri, telur maupun turunannya dapat dipastikan 75% kena Bisul. Yg 25% nggak kena kalo badan lagi Fit. Bisul kecil biasanya saya kasih injet (rendaman kapur sirih)+gula aren sudah ilang sendiri nggak jadi tumbuh. Injet dan Gula jika dicampur dan ditempelkan di Bisul rasanya hangat panas. tapi cukup efektif mengatasi gejala Bisul. Kali ini barangkali badan lagi tidak Fit jadi yg namannya Bisul keterusan gedenya. Kalo mau nyalahin sih kayanya yg jual ayam goreng . He.he… karena jualan jualan kok ya disebelah rumah .yang baunya kalo goreng tiap hari kadang bisa sampai kekamar aku. Jadi pengen makan to sekali-kali.
Saat kena bisul terakhir ini waduh rasanya nggregesi yaitu badan terasa panas pokoke nggak enak . Apalagi bisul kali ini bener2 parah. 2 tempat lagi. Nah agar para PB (Penyandang Bisul) tidak kesulitan mencari obatnya maka saya ringkas obat Traditional dan Antibiotik untuk Bisul berdasarkan pengalaman Pribadi, ataupun Saudara dan di Internet. agar bisa dimanfaatkan sesuai keadaan masing-masing.
Bagi para mantan PB bisa ikut urun rembug. Thanks
Bisul, Wudun (Jawa) atau Furunkel adalah Peradangan atau infeksi pada folikel rambut dan menyebar ke jaringan kulit disekitarnya.
Bisul biasanya disebabkan oleh Bakteri gram positif seperti Staphylococcus atau Streptococcus. Bakteri ini berbentuk bulat dan bergerombol seperti sekumpulan anggur.
Bisul terjadi karena :
  1. Alergi atau makan makanan terutama yang mengandung protein tinggi : telur, susu , ayam negeri dll.
  2. Terutama dan paling sering adalah karena menurunnya daya tahan tubuh dan pada saat itu kebersihan kulit kurang terjaga seperti: tidak mandi , mandi dengan air dan handuk kurang bersih. memakai pakaian kotor atau menggaruk kulit dengan kuku kotor dll.
Gejala Bisul dan Obatnya.
(Pengobatan bisul jangan asal diobati lihat cara pengobatan dibawah sesuai stadium)
* STADIUM – 1 : Kulit terasa hangat, ada benjolan sedikit jika ditekan tidak terlalu sakit
– A. Obat Traditional :
Dewasa :
- Injet (rendaman gamping ) dan Gula aren perbandingan 1:1 ditambah air secukupnya dioleskan ke bisul, Beberapa kali aku coba resep ini bisul tidak jadi muncul.
- Bawang putih + Kentang diparut dan ditempelkan ke Bisul
- Daun Pohon Ungu yg biasa dipakai untuk wasir. Daun ditumbuk dan ditempelkan pada bisul atau daun diolesi minyak kelapa dibakar dan ditempelkan di bisul
Tambahan dari para PB (Penyandang Bisul):
- Kata Maman dibawah : Pakai Getah kamboja
Anak-anak :
- Daun ungu ditumbuk dan ditempelkan pada bisul
- Daun Bawang putih ditumbuk halus dan ditempelkan ke Bisul
– B. Antibiotik :
  • Lyncomycin 500mg 3×1 selama 4 hari. Harga bervariasi 1000 (generik) atau 11 rb (paten) perkapsul . Aku pakai yang generik antibiotik ini efektif banget untuk menghilangkan Bisul dan jerawat. Adik saya baru-baru ini juga sembuh dengan minum antibiotik ini
– C. Salep :
Gentamycin (3-5rb) atau Garamycin (25-35rb) salep dioleskan untuk stadium 1-2
Salep Ichtiyol sebaiknya tidak dipakai pada stadium 1 karena penggunaan antibiotik lyncomycin dan salep Gentamyscyn / Garamycin sudah cukup efektif dan meredakan bengkak kecil bisul.
* STADIUM – 2 : Kulit terasa hangat , mulai timbul benjolan Bisul area sekitar mulai sakit dan jika ditekan mulai sakit, badan mulai pegal dan terasa ngregesi.
– A. Obat Traditional : sama dengan stadium 1

– B. Antibiotik : Sama dengan stadium 1 jika tidak sembuh maka bisa dicoba antibiotik lain yaitu :
Amoxcylin 500 mg 3×1 selama 4. total 12 butir. Harga Perbutir 1000-2000 / butir. Amoxyclin ini efektif karena
Staphylococcus ini rentan terhadap antibiotik ini. Saya sudah mencoba dan memberikan efek positif. Bengkak mulai berkurang dan sakit mulai mereda.
– C. Salep : sama dengan stadium 1


* STADIUM – 3 : Kulit hangat panas , timbul benjolan besar mulai ada bintil atau tidak ada bintil sama sekali . Sekitar area terasa sakit.Demam dan badan tersa pegal2dan ngregesi
– A. Obat Traditional : Jika sudah besar sebaiknya tidak digunakan obat tradisional tapi obat Antibiotik dan salep

– B. Antibiotik : Atibiotik sama dengan stadium 1 dan 2 tapi jika belum sembuh juga bisa digunakan Ceradolan dengan zat aktif Sefotiam diHCl. Tapi sayang obat ini agak mahal, Obat ini berbentuk tablet 200mg x20 biji harga + 245rb cukup efektif untuk Bisul yang kurang efektif jika diobati dengan antibiotik Lyncomycin, Gentamycin dan Amoxycylin
– C. Salep : Karena benjolan sudah besar (isinya mata lemak dan nanah) sebaiknya dikeluarkan agar cepat matang diberi salep Ichtiyol.
(Urutan Stadium 1-3 aku buat sendiri untuk memudahkan perbedaan cara pengobatan secara traditional dan antibiotik)
Cara mengeluarkan mata bisul yang sudah matang:

(Jika tidak bisa sendiri sebaiknya dilakukan oleh mantri kesehatan atau Dokter yang lebih ahli).

Bisul besar Stadium 3 baru bisa sembuh jika mata bisul (berupa benjolan kecil bulat lemak) bisa dikeluarkan. Mata bisul baru bisa dikelurkan jika bisul sudah membesar dan untuk mempercepat pembesaran bisa diolesi ichtiyol.
1. Siapkan kapas, kain kasa steril , plester dan gunting, Betadine, alkohol 70% , Jarum suntik steril, Jika ada sarung tangan karet untuk operasi
2. Cuci tangan sebelum mulai mengeluarkan isi mata bisul atau pakai sarung tangan karet khusus untuk operasi kecil.
3. Olesi area bisul dengan alkohol 70%, dan lap dengan kain kasa steril
4. Buka jarum suntik dan tusukkan pada mata bisul untuk membuat jalan agar nanah atau darah bisa keluar.
5. Tekan Bisul dan semua kotoran keluar semua. Usahan sampai semua kotoran dan mata bisul keluar.
6. Jika mata bisul belum keluar jangan dipaksa kalau tidak bisa, tutup dulu dengan kasa steril + betadine dan tutup luka dengan plester ulangi lagi prosedur diatas setelah mata bisul siap atau bisa dikeluarkan.
7. Setelah selesai bersihkan semua bekas luka dengan betadine .tutup bekas luka dengan kain kasa steril yg telah diolesi Betadine. kemudian diplester.
8. Jangan lupa minum antibiotik diatas agar tidak infeksi. dan banyak makan Buah atau minum Vitamin C 1000mg/perhari untuk membantu mempercepat penyembuan luka.
SARAN:
  • Pengobatan bisul jangan asal diobati lihat cara pengobatan diatas sesuai stadium.
  • Bisul yang belum matang (stadium 1 &2 sebaiknya tidak dipencet percuma saja malah sakit cukup obati dengan obat tradisional  injet gula aren atau antibiotik  Lyncomycin /  amoxycyln dan salep Gentamycin  / Garamycin  tidak usah diberi ichtiyol karena dengan minum antibitiok bisul  ditambah salep atau injet akan hilang sendiri larut dalam darah.
  • Bisul Stadium 3 bisur sudah besar  selain minum antibiotik, bisa diolesi salep ichtiyol agar cepat matang.
  • Bisul setelah diolesi salep Ichtiyol dan belum matang2 dan tidak keluar titik putih sebaiknya jangan dipencet sendiri karena tidak ada kotoran putih yang keluar. Olesi saja Ichtiyol dan Minum antibiotik saja secara teratur.
  • Bisul ada yang sudah membesar dan tidak bisa memecah sendiri sebaiknya dikeluarkan kotorannya oleh orang yg profesional seperti dokter atau mantri kesehatan.
  • Jika bisul sudah matang dan gunungnya dipegang mulai adem dan lunak. mata bisul bisa dikeluarkan oleh orang profesional atau kalo bisa sendiri tetapi harus steril agar tidak infeksi.
  • Penderita PB sebaiknya menjaga kebersihan, mandi dengan air hangat bersih dan sabun antibiotik. Pakai handuk dan pakaian yang bersih.
  • Sudah. Ada yg menambahkan?
    ___________________________________________________________________________

    jawaban 2

    bunda menurut sumber yang pernah saya baca dari dr. Titi Lestari Sugito, SpKK bahwa bisul itu penyebab salah satunya adalah karena lingkungan kurang bersih, bisul merupakan radang atau infeksi yang disebabkan oleh kuman atau bakteri staphylococcus aureus. "Bisul bisa menyerang siapa saja dan dari golongan usia berapa saja, namun yang paling sering diserang adalah bayi dan anak-anak.".Jadi salah kalau bisul itu disebabkan kebanyakan makan telur. Bila lingkungan kurang bersih, infeksi pun akan mudah terjadi. Sementara yang namanya anak, identik dengan dunia bermain, termasuk main yang kotor-kotor semisal main tanah. Belum lagi habis main si anak langsung pegang ini-itu tanpa cuci tangan lebih dulu. "Nah, kalau kebersihan anak dan bayi tak dijaga dan diperhatikan oleh orang tua, ya, susah. Itu akan mempermudah terjadinya bisul,Selain itu, anak-anak biasanya sering menggaruk karena rasa gatal yang ditimbulkan akibat banyak keringat dan biang keringat. Padahal, , garukan tersebut dapat merusak kulit sehingga memudahkan masuknya kuman dan timbullah infeksi. "Itulah mengapa anak yang sering berkeringat, apalagi keringat buntet, mudah timbul bisulan."
    Yang pasti, karena penyebabnya infeksi maka bisul termasuk penyakit menular. "Menularnya bisa karena garukan tangan, sehingga memindahkan kumannya dari satu tempat ke tempat lain." Tak heran awam sering menyebut bisulnya jadi beranak. "Itu menunjukkan daya tahan tubuh anak kurang sekali."

    JANGAN DIPENCET

    Seringkali bisul dibiarkan saja, tak segera diobati. Tunggu sampai istilahnya "matang". Padahal, justru sebetulnya kalau bisa bisul jangan sampai bernanah, "Karena bisa terjadi kerusakan jaringan yang lebih parah dan banyak lagi. Kulit bisa berongga.

    Jika bisul hanya satu atau beberapa dan masih kecil di permukaan biasanya bisa disembuhkan dengan salep antibiotik. Pemakaian obat dalam bentuk salep atau krim yang dioleskan di kulit lebih efektif ketimbang pengobatan jenis lain. Obat-obatan semacam salep ini sangat dianjurkan untuk kulit karena dibuat dengan daya serap yang cukup efektif terhadap kulit. Tapi, jika sudah membesar, agak dalam dan banyak, anak perlu diberi obat antibiotik yang diminumkan juga.

    Penisilin juga merupakan salah satu obat pilihan. Cuma, bakteri staphylococcus aureus penyebab bisul bisa mengakibatkan resisten terhadap penisilin, karena kuman tersebut mengeluarkan enzim sehingga penisilinnya tak berfungsi lagi. Akibatnya banyak yang menjadi resisten. Karena itu, anjur itu lebih baik berikan obat antibiotik yang tahan terhadap enzim yang dikeluarkan kuman tadi, supaya efektif. Selain itu, penisilin juga merupakan salah satu obat yang relatif sering menimbulkan reaksi alergi.

    Bila sudah terjadi abses, sebaiknya nanahnya dikeluarkan. Biasanya dokter akan menginsisi/mengiris dengan pisau tajam sehingga penyembuhannya akan lebih sempurna. Bila pecah sendiri akan menimbulkan kerusakan kulit dan akan berbekas. Begitu pula bila dipaksa dikeluarkan, misalnya dengan dipencet, penyembuhannya akan menimbulkan bekas yang tak sedap dipandang. "Bekas pada jaringan kulitnya akan meninggalkan parut, bisa lekukan atau yang lebih tinggi lagi. Tak mungkin akan normal kembali. Walaupun pada anak kulitnya masih berkembang, namun tetap saja tak akan normal kembali karena jaringannya yang rusak akan membekas,"

Reaksi:

0 komentar:

Post a Comment

Daftar Isi