Thursday, May 24, 2012

Tips dan Trik Blogger Bagian 2

Tips dan Trik Blogger Bagian 2

Ok sobat blogger semua, setelah membahas Tips dan Trik Blogger kemaren, kini saatnya saya menindaklanjuti apa yang saya janjikan kemaren, berupa sambungan materi tentnag Tips dan Trik Blogger. Sebenarnya, postingan tentang tips dan trik blogger merupakan rangkuman global dari ketiga posting saya yaitu Cara meningkatkan Page Rank Blog, Cara Cepat Tingkatkan Traffic Blog, dan Traffic Blog Indonesia Meroket!. Sebelumnya, mungkin kita bertanya, mengapa kita harus meningkatkan Page Rank? atau kenapa kita harus menjaring Traffic? Tentu saja untuk meningkatkan kredibilitas blog dan index term di mata sang Search Engine. Hal ini tentu saja bergantung pada Maksud dan Tujuan kita membuat blog. Bila sekedar sharing, tentu hal-hal seperti di atas tidak dibutuhkan. Namun, bila Anda mencoba untuk memperoleh berbagai kesempatan, seperti bisnis, jaringan sosial, dan komunitas di Dunia Maya, maka membuat blog Anda berTraffic dan Page Rank Tinggi adalah salah satu jalan untuk mewujudkannya. Ok, langsung masuk saja ke pembahasan tentang Tips dan Trik Blogger Bagian 2 ini.
Karena posting sebelumnya sampai di Poin Lima, maka posting bagian 2 ini dimulai dari
KEENAM, daftarkan diri anda di alexa.com. Buatlah sebuah akun di alexa, dan mulailah dengan claim blog Anda. Apa sih fungsi alexa? alexa adalah situs pemberi ranking suatu blog di seluruh dunia. Semua website dan Blog diseluruh dunia, dinilai alexa dan diurutkan berdasarkan kualitas setiap blog, dan jumlah traffic menuju blog/website. Semakin tinggi ranking alexa, semakin baik ranking blog/website tersebut di mata Search Engine. Dengan membuat akun di alexa.com, alexa dapat memonitor setiap visitor yang datang di blog Anda. Jangan lupa untuk Claim your Site setelah Anda mendaftar alexa. Ikuti instruksinya.
KETUJUH, Mulailah menjaring traffic menuju blog Anda dengan mengikuti berbagai situs Traffic Exchange. Sejauh ini, penulis hanya mengikuti 1 website traffic Exchange nomor 1 dunia, yaitu easyhits4u.com. Website ini mau menerima blog dengan bahasa apapun. Beberapa website traffic exchange biasanya hanya menerima blog berbahasa Inggris, tapi tidak dengan easyhits4u.com. Dengan mendaftar pada situs ini, blog Anda akan mendapatkan Traffic setiap harinya. Cukup surfing ke beberapa website atau blog lain, maka sebagai gantinya, member lain akan surfing ke Blog Anda. Khusus untuk Blog berbahasa Inggris, maka kesempatan mendatangkan traffic lebih besar. Anda dapat bergabung di www.clicksia.com dan www.incentria.com. Untuk lebih jelasnya, silakan baca artikel saya Cara Cepat Tingkatkan Traffic Blog
KEDELAPAN, Cek seluruh postingan Anda, maupun laman blog Anda dari "broken link". Keadaan broken link membuat penilaian terhadap blog kita menurun. Juga, cek seluruh inbound link dan outbonlink blog Anda. Jangan sampai Anda terhubung menuju dan dari website-website yang dianggap Scam atau Dangerous. Semakin bersih blog Anda dari Website Scam atau yang berbahaya, semakin bersih juga nilai blog Anda di Mata Search Engine.
KESEMBILAN, Rajin-rajinlah membuat internal link di setiap posting. Seperti yang Anda lihat, beberapa link menuju posting saya yang lain saya cantumkan pada postingan Tips dan Trik Blogger bagian 2 ini. Internal link yang DOFOLLOW sangat dihitung oleh search engine. Semakin banyak internal link, berarti semakin banyak pula link blog Anda visible di internet. Semakin banyak yang visible, semakin dihitung oleh Search Engine sehingga Search Engine akan menilai tinggi blog Anda.
KESEPULUH, Buatlah sebuah blog pendambing, untuk meningkatkan EXTERNAL LINK. Seperti yang Anda ketahui bila Anda menilik profil saya, saya memiliki 2 buah Blog. Satu berbahasa Indonesia, yaitu Blog Teknik Komputer ini, dan satu lagi sebuah Blog Berbahasa Inggris yaitu Komputer-Spot. Dengan membuat 2 blog, saya membuat ekternal link menuju dan kembali dari blog masing-masing. Anda juga dapat saling mengintregasikan blog-blog Anda, dengan semakin banyak menambah internal dan ekternal link pada masing-masing blog.
KESEBELAS, Pastikan blog Anda sudah DOFOLLOW. Mungkin sudah banyak diketahui oleh sahabat blogger yang lain, tapi tidak ada salahnya bila saya juga membahasnya. Blog dofollow adalah blog yang Link-Link di dalamnya juga DOFOLLOW. Link DOFOLLOW adalah link yang akan dihitung oleh Search Engine sebagai BACKLINK. Kebalikan dari DOFOLLOW adalah NOFOLLOW. Link-link NOFOLLOW tidak akan digubris oleh Search Engine, sehingga seolah-olah link itu tidak ada di Internet. Cara mengubah blog menjadi DOFOLLOW sangat mudah. Cukup masuk ke bagian RANCANGAN>EDIT HTML>CTRL+F dan cari semua kata-kata NOFOLLOW. Setelah ketemu, ubah menjadi DOFOLLOW. Simpan Template, dan blog Anda sudah menjadi blog DOFOLLOW sehingga setiap link di Blog Anda akan dihitung oleh Search Engine dan menjadi sebuah Backlink. (Catatan : Sebaiknya pada bagian link Komentar, biarkan saja tetap Nofollow untuk mencegah berbagai spam. Banyak sekali program-program spam seperti backlink bomber dan yang lainnya, yang hanya bertujuan untuk mendapatkan backlink gratis dari blog-blog lain dengan memberikan komentar secara otomatis)
BERSAMBUNG....

0 komentar:

Post a Comment

Murottal Online

Listen to Quran

Daftar Isi