Thursday, May 24, 2012

Tips dan Trik Blogger

Tips dan Trik Blogger

Tips dan Trik Blogger ini sengaja saya buat untuk mereka-mereka yang baru bergabung dengan Blogger. Mungkin tips dan trik blogger sudah dibahas oleh ratusan member blogger yang lain, tapi saya merasa bahwa setiap orang ingin berbagi atas kesuksesan yang dia alami. Sekedar review saja, blog saya ini saya buat tanggal 27 Juni 2011 atau sekitar 1,5 bulan yang lalu. Dan pencapaiannya lumayan menjanjikan, karena Blog ini sudah Mendapatkan hadiah dari Google berupa PR2. Tentu PR2 ini sangat berpengaruh terhadap index mesin pencari Google, oleh karena itu, saya hanya sekedar berbagi tips dan trik blogger, langkah demi langkah. Untuk artikel tentang peningkatan kualitas blog Anda dapat simak di Cara Meningkatkan Page Rank Blog dan Cara Cepat Tingkatkan Traffic Blog. Khusus untuk blog berbahasa Indonesia, untuk meningkatkan Traffic, silakan baca artikel Traffic Blog Indonesia meroket! Baiklah, sekarang mari kita langsung masuk ke pembahasan. Selamat menyimak.


Pertama, pastikan Anda membuat domain blogspot Anda sebagai nama domain yang permanen. Sering mengganti nama domain akan berakibat buruk pada robot Index google. Sebenarnya, blog ini sempat bermasalah dengan nama domain, namun saya segera mengurai dan merunut satu persatu domain lama yang tidak terpakai, untuk diganti ke domain baru yang saya gunakan sampai sekarang yaitu pusatkomputerindo.blogspot.com. Dengan membuat nama domain yang tetap, maka pengindekan terhadap blog Anda akan konsisten dan tidak berubah.
Hal-hal yang dilarang :
  • Sering mengganti nama domain (Anda dapat merubah domain Anda secara permanen dengan domain milik anda sendiri, seperti www.namaanda.com, tapi sebaiknya lakukan penggantian nama domain di saat awal anda membuat blog, sehingga semua link posting, dan seluruh kegiatan blog Anda akan menuju domain www.namaanda.com)
  • Nama domain tidak sesuai dengan tema yang dibahas dalam blog
Hal-hal yang dianjurkan :
  • Memakai nama domain yang simple (meski blog ini nama domainnya tidak simple :D)
  • Membuat Judul blog relevan dengan nama domain (relevan tidak harus sama)
Kedua, setelah Anda putuskan nama domain yang tepat, mulailah membuat postingan yang relevan dengan blog Anda. Misal tentang komputer, maka buatlah posting yang menarik tentang komputer.
Hal-hal yang dilarang :
  • Posting yang terlalu sering, misal sehari 2 posting.
  • Posting copy paste artikel blog lain, tanpa menyertakan link sumber.
Hal-hal yang dianjurkan :
  • Posting dengan judul yang bombastis, dan relevan terhadap berita terkini.
  • Posting dengan menyertakan link-link menuju artikel lain di blog Anda.
Ketiga, bila Anda sudah membuat posting, segera daftarkan blog Anda ke feedburner.com dan www.google.com/webmasters. Apa fungsi mendaftarkan blog kita ke kedua website ini? Tentu saja agar semua postingan kita, dari huruf, kata dan kalimat semuanya terindek oleh mesin pencari google. Tanpa mendaftarkan ke kedua website bawaan google di atas, tulisan kita tidak akan terindek 100%, bahkan tidak terindek sama sekali. Pada intinya, di feedburner kita membuat feed untuk blog kita, dan di webmasters, kita submit sitemap agar semua posting kita terindek. Dalam mendaftarkan blog Anda ke directory kedua website ini, Anda diminta melakukan Verifikasi. Untuk tutorial Lengkap Pendaftaran di Feedburner dan Webmasters, Anda dapat mencari di Google. InsyaAllah pada postingan selanjutnya saya Akan bahasa dengan rinci.
Keempat, daftarkan blog Anda ke berbagai search Engine. Yang paling utama tentu Google.com, Yahoo.com, dan Bing. Dengan mendaftarkan alamat blog kita ke Search Engine, maka Search Engine tersebut akan memasukkan Alamat kita dalam mesin pencari mereka, sehingga blog kita bisa terdeteksi bila ada keyword yang relevan. Sekedar daftar url tentu tidak cukup, Anda harus mendaftarkan webmasters untuk Google, siteexplorer untuk Yahoo, dan akun hotmail/windows live untuk Bing. Masing-masing Tutorial insyaAllah akan saya bahasa di Postingan selanjutnya.
Kelima, lakukan Blogwalking, Submit to Directory, Tukar link, dan berbagai Aktivitas blogging lainnya dengan blogger lain. Cobalah untuk mendapatkan backlink dari blog dengan PR yang lebih tinggi. Mendapatkan backlink dari PR yang lebih rendah tidak masalah, yang penting Blog yang kita ajak untuk tukar link tidak mengandung hal-hal yang melanggar TOS (Term of Service) blogger.
bersambung..

0 komentar:

Post a Comment

Murottal Online

Listen to Quran

Daftar Isi